« Home 

Thursday, September 01, 2005 

Gule Ikan sale

Sejak menikah, suamiku selalu minta dimasakkan makanan2 khas tapsel, biarpun aku tinggal di Medan, tapi terus terang aja jangankan masak, makan makanan tapsel aja aku gak pernah apalagi yang namanya ikan sale..pertama ngeliat aku pikir ngapain juga orang makan ikan yang item kayak gitu.
Aku bayangin rasanya pasti berpasir & aneh.
Tapi karena suami menuntut terus terpaksa deh, aku belanja kepasar & beliin tuh ikan buat suami, dan nelpon bou (tantenya) untuk nanya resep, ternyata masaknya sama kayak gule biasa tapi masukin ikannya terakhir setelah bumbu & santen serta rasanya komplit. Ikan salenya dimasukkan terakhir dan direbus sampe keluar minyaknya.
Ternyata setelah dicoba, rasanya lumayan juga, apalagi kalo dicocol pake sambel asem, dijamin gak mau berhenti.
Ikan sale yang di Medan atau Tapanuli Selatan biasanya dari ikan lele, belut, dan ikan-ikan sungai. Karena disini aku gak nemu ikan-ikan begitu, terpaksa deh yang dimasak smoked trout, rasanya sama-sama enak malahan kalo pake trout ini dagingnya lebih tebal & banyak daripada ikan lele. Karena yang masak selera Jawa, jadi resep ikan sale yang asli dimodifikasi sama selera saya sendiri…masaknya gampang kok tinggal cemplang-cemplung saja.

Gule Ikan Sale



Bahan:

1 ekor smoked trout ukuran sedang
4 lonjor kacang panjang (optional)
1 lonjor serai dikeprek
200 ml santan kental
2 cm lengkuas keprek
2 buah asam glugur (optional)
garam
gula


Haluskan,
5 siung bawang merah
1 siung bawang putih
5 cabe merah (kalo suka pedas bias ditambahin)
1 buah tomat
2 cm kunyit

Cara Memasak:
- Jerangkan air secukupnya, masukkan bumbu halus, serai, lengkuas, masak sampe wangi.
- Masukkan santen, aduk-aduk
- Masukkan ikan dimasak terus sampe keluar minyak sambil dimasukkan asam glugurnya.
- Masukkan kacang panjang, tunggu sebentar, jangan lama2 biar tetep kriak kriuk.
- sajikan


Resep sambel asem;
Cabe merah 10 biji diulek halus, dikeceri jeruk nipis, jadi deh ini yang asili banget kalo aku suka ditambahin bawang merah juga.

About me

  • Hanya seorang koki dadakan yang baru PD masakin untuk suami & keluarga tercinta
  • Berhubung suka gak pake ukuran2 kecuali untuk kue jadi bumbunya dikira2 sendiri sesuai selera
My profile

Previous posts

Powered by Blogger
and Blogger Templates
CounterData.com

website traffic
website traffic Counter